Menkes Resmikan RSUD Raja Ampat

4Bertepatan dengan HUT Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat yang ke-10 tanggal 9 Mei 2013, Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi Sp. A, MPH meresmikan RSUD Kabupaten Raja Ampat yang ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pembukaan selubung papan nama RSUD Raja Ampat. Turut hadir pada peresmian RSUD Raja Ampat, Gubernur Papua Barat Bram Atururi, Bupati Raja Ampat, Drs. Markus Wanma, M.Si, Wakil Bupati Raja Ampat, Drs. Inda Arfan, Ketua  DPRD Raja Ampat,  Henry AG Wairara,  Wakil Walikota Sorong, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Berdirinya RSUD Kabupaten Raja Ampat diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, agar seluruh lapisan  masyarakat termasuk masyarakat tidak mampu, dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, tanpa ada kendala  biaya.

Kabupaten Raja Ampat mempunyai karakteristik daerah kepulauan dan merupakan daerah tujuan wisata internasional. Oleh karena itu,  rumah sakit ini hendaknya  bermanfaat bukan saja bagi penduduk Kabupaten Raja Ampat, melainkan juga bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat, ujar Menkes RI pada sambutannya

Menkes juga menghimbau agar Pemerintah Kabupaten Raja Ampat segera melengkapi pelayanan-pelayanan di RSUD Kabupaten Raja Ampat ini. Upaya ini juga harus didukung dengan pemenuhan sarana dan prasarana rumah sakit, sesuai dengan standar perumahsakitan yang diamanatkan Undang–Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Diharapkan RSUD Raja Ampat bisa dinaikan statusnya sebagai RSUD Kelas C, oleh karena itu pemerintah daerah harus bekerja semaksimal mungkin. ”Kami dari kementerian sangat senang bisa membantu bila Pemda Raja Ampat mempunyai niat yang tulus, disamping itu pelayanan kesehatan kepada masyarakat haruslah terarah, karena pelayanan kepada masyarakat merupakan hal yang utama, jangan menyepelekan, tandas Menkes

Gubernur Papua Barat, Bram Atururi, dalam sambutannya juga mengatakan dengan hadirnya RSUD ini diharapkan kedepan masyarakat Raja Ampat yang hendak berobat dengan intensitas penyakit yang kronis tidak perlu lagi ke Sorong, karena  dokter ahli dan spesialis ada di RSUD ini. RSUD Raja Ampat merupakan RSUD pertama di Papua Barat yang memakai sistem hidrolik untuk para diver.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.depkes.go.id dan alamat e-mail kontak@depkes.go.id.
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Artikel